Rabu, 27 Desember 2017

5 MAKANAN KHAS TRADISIONAL INDONESIA


1. BIKA AMBON
Bika Ambon adalah makanan khas Indonesia dari daerah Medan, Sumatera Utara. Bika ini terbuat dari berbagai bahan seperti telur, gula serta santan yang umumnya beraroma pandan wangi. Bika Ambon ini menjadi salah satu makanan favorit daerah Medan.

2. PAPEDA PAPUA
Papeda khas papua ini adalah makanan yang berupa bubur sagu khas Papua, makanan ini biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Makanan khas papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Di dalam makanan ini terdapat serat yang banyak, rendah kolesterol dan bernutrisi.

3. RENDANG PADANG
Rendang atau dalam bahasa Minangnya lebih dikenal dengan Randang makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat. Rendang ini merupakan salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daginf dan santan kelapa sebagai bahan dasarnya. Rendang ini biasanya mempunyai kandungan bumbu repah-rempah yang sangat banyak.

4. SOTO BANJAR
Soto Banjar adalah soto khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat.

5. GUDEG YOGYAKARTA
Gudeg merupakan kuliner yang tidak bisa dipisahkan dengan kota Yogyakarta bahkan sampai-sampai Yogyakarta memiliki julukan sebagai kota Gudeg. Gudeg asli Yogyakarta memiliki rasa yang sangat manis. Gudeg terbuat dari sayur nangka muda bersantan yang biasa dinikmati dengan nasi, ayam kampung, dan telur kecap.

0 komentar:

Posting Komentar